PROPOSAL USAHA DADAR GULUNG


proposal usaha
makanan dadar gulung ALA ISHMA
Disajikan Untuk Memenuhi Syarat Ujian Praktek Tugas Kewirausahaan

Hasil gambar untuk GAMBAR DADAR GULUNG



Disusun Oleh :
Ø  ISHMATUL MILLAH(085215818430)
XII.1 TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN





Smk Bahjatul Ulum Sukowono
Jl.Kalisat (Potok barat) No.101 ,Telp (0331)567597
Kecamatan Sukowono - Kabupaten Jember
Tahun Ajaran 2017 – 2018

DAFTAR ISI
JUDUL...................................................................................................... 1
DAFTAR ISI.............................................................................................. 2
KATA PENGANTAR................................................................................... 3
BAB 1 : PENDAHULUAN............................................................................ 4
1.1    LATAR BELAKANG...................................................................... 4
1.2    VISI DAN MISI.............................................................................. 4
1.3  KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODUKSI...................................... 5
1.4  SKETSA/GAMBAR....................................................................... 5
1.5  BAHAN........................................................................................ 6
1.6  FASILITAS/PERALATAN PRODUKSI............................................. 6
BAB II :ANALISIS PASAR......................................................................... 8
2.1  PROSES PRODUKSI.................................................................... 8
2.2  ANALISIS SWOT.......................................................................... 9
2.3  RENCANA ANGGARA BIAYA....................................................... 9
2.4  SASARAN PEMASARAN/PENGGUNA.......................................... 10
2.5  JADWAL PELAKSANAAN............................................................. 11
BAB III : PENUTUP................................................................................... 12
A.   KESIMPULAN.............................................................................. 12
B.   SARAN........................................................................................ 12








KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT hanya karena rahmat dan kebaikannya saya dapat menyelesaikan Proposal Usaha ini, dan hanya karena ALLAH SWT saya mendapatkan ide dan inspirasi untuk membuat makanan “DADAR GULUNG ALA ISHMA” ini.
Proposal ini saya buat atas dasar memenuhi tugas praktik mata pelajaran kewirausahaan dan sebagai pembelajaran kewirasusahaan baik pribadi ataupun untuk orang lain. serta sebagai referensi menu usaha yang akan saya buat.Saya terinspirasi untuk membuat semacam makanan yang diminati oleh banyak orang dan tidak membosankan, dengan sedikit perubahan suatu makanan akan terlihat lebih baru. Semoga “Dadar Gulung ALA ISHMA” ini disukai seluruh kalangan.
Terima kasih untuk Bapak Sanusi selaku guru kewirausaahn saya dan teman-teman saya. Yang telah sedia mengajari dan berbagi ilmu mengenai berwirausaha.Dalam penyusunan proposal ini, saya mengetahui bahwa masih ada kekurangannya, maka dari itu saya sangat berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran kepada saya.
Atas kebaikan dan kesediaannya waktunya, saya ucapkan terima kasih.









BAB 1 : PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG USAHA
Kejenuhan para penikmat kuliner atas makanan baik dimulai dari golongan menengah sampai golongan atas mulai timbul. Era modern ini sangat dituntut inovasi-inovasi dalam berbagai bidang termasuk makanan. Makanan adalah kebutuhan pokok yang mendasar, maka dari itu saya rasa kalau makanan tradisional tidak dikembangkan dengan baik. Maka makanan itu hanya sekedar makanan musiman yang tidak menutup kemungkinan akan digeser dengan makanan – makanan luar negeri.
Oleh Karena itu, saya mencoba untuk mengoptimalkan kesempatan yang saya miliki untuk membuat sesuatu makanan tradisional yang disajikan dengan kreasi baru. Disamping karena ada peluang, ini juga dapat mempopulerkan dan melestarikan makanan tradisional Indonesia.
Melihat prospek yang baik dari makanan ini, maka saya tergerak untuk membuat makanan yang berbeda. Memadupadankan dengan kreasi baru
DADAR GULUNG biasanya diisi dengan kelapa muda (unti) namun, DADAR GULUNG ALA ISHMA ini berisi keju,pisang,dan coklat serta toping lainnya. melihat potensi yang amat besar, maka saya berkeinginan membuat DADAR GULUNG ALA ISHMA.Modal Usaha.Modal usaha yang dikeluarkan untuk “Dadar Gulung ALA ISHMA” sebesar Rp. 100.00

1.2 VISI DAN MISI USAHA (TUJUAN)
Visi / Tujuan dari usaha ini adalah untuk mempraktikkan ilmu kewirausaahan, mengasah kreativitas dan sebagai referensi menu usaha saya. Di samping itu, mempopulerkan makanan tradisional dengan memberikan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dan memberikan varian makanan bagi seluruh kalangan.
Misi usaha ini dengan membuat proposal makanan, mempresentasikan dengan guru kewirausahaan agar dapat memperoleh nilai, saran, dan kritik. Membuat tester sebagai bahan percobaan di kalangan pelajar.




1.3  KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODUKSI
1.kelapa hijau bagus untuk menurunkan berat badan.
2. air kelapa hijau dapat menetralisirkan racun yang ada pada tubuh
.
3. menghilangkan dehidrasi
.
4. sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin
.
5. menahan energi di dalam tubuh
.
1.4 SKETSA GAMBAR

Cara Membuat Kue Dadar Gulung, resep kue dadar gulung manis dan enak
1.5  BAHAN
Langkah-Langkah Pembuatan dadar Gulung Diantaranya:
Bahan kulit:
– 250 gram tepung terigu berprotein sedang atau Anda bisa memakai cap segitiga biru.
– Satu sendok makan tepung kanji.
– 300 ml santan kental atau yang setara dengan setengah butir kelapa.
– Setengah sendok teh pasta pandan.
– Tiga butir telur ayam yang telah dikocok lepas.
– 60 ml air perasan dari daun suji.
– Dan setengah sendok teh garam halus.
Bahan isi:
– 300 gram kelapa setengah tua yang telah dikupas dan diparut memanjang.
– 100 gram gula merah yang telah diiiris halus.
– Tiga sendok makan gula pasir.
– 50 ml air.
– Satu lembar daun pandan yang telah dipotong.
– Setengah sendok teh garam yang telah dihaluskan.
Resep dadar gulung original:
1. Campur kelapa parut dengan garam, gula pasir dan daun pandan dalam satu wadah dan masak semua campuran ini hingga teksturnya agak kering.
2. Campurkan tepung terigu dengan telur, tepung kanji, pasta pandan serta garam dan aduk hingga semua bahan tercampur merata.
3. Tuangkan santan dan air perasan dari daun suji pada adonan, sedikit demi sedikit.
4. Panaskan wajah dan olesi dengan minyak goreng, setelah itu tuang adonan di atas wajan yang panas, buatlah dadar gulung hingga adonan matang dan menipis.
5. Gulung salah satu lembar adonan kulitnya pada adonan isian dan gulung dengan baik sehingga kulit dadar gulung tidak robek, lipat bagian ujungnya sampa rapi dan dadar gulung isi kelapa pun siap untuk disajikan dan dinikmati bersama anggota keluarga.
1.6 Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
JUMLAH
HARGA
Kompor gas
2 buah
Rp. 800.000,-
Gilingan
1 buah
Rp. 400.000,-
Katel
1 buah
Rp. 40.000,-
Penyaring
1 buah
Rp. 15.000,-
Susuk
1 buah
Rp. 10.000,-
Box Plastik
20 buah
Rp. 300.000,-
Tabung Gas
2 buah
Rp. 200.000,-
Pengocok
1 buah
Rp. 15.000,-
Plastik
-
Rp. 50.000,-
Baskom
4 buah
Rp. 80.000,-
Teplon
1 buah
Rp. 70.000,-
Nampan
1 buah
Rp. 20.000,-
Lain-lain
-
Rp. 100.000,-
TOTAL JUMLAH
Rp. 2.100.000,-

 Bahan Baku:
DADAR GULUNG
Bahan
Jumlah
Harga
Terigu
3 Kg
Rp. 15.000,-
Gula
¼ Kg
Rp. 2.500,-
Pewarna + Pengharum
-
Rp. 3.000,-
Kelapa + Gula Aren
-
Rp. 15.000,-
Minyak
1,5 Kg
Rp. 17.500,-
Gas
-
Rp. 6.750,-
Jumlah Total
Rp. 59.750,-





















BAB II
ANALISIS PASAR
2.1        Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
a)   Menyiapkan bahan yang akan digunakan.
b)   Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan.
c)   Memulai proses pengerjaan.
d)  Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing).
2.2        ANALISIS S.W.O.T
Untuk meyakinkan bahwa makanan yang akan saya jual dapat disukai masyarakat umum, maka saya melakukan analisa terhadap produk yang akan saya jual dengan cara menerapkan analisa S.W.O.T sebagai berikut :
a. STRENGHT ( Kekuatan )
-  Harga jual yang cocok untuk semua kalangan
Rasa yang lezat
-  Produk tidak pasaran
-  Rasa dan tampilan produk mengikuti zaman
b WEAKNESS ( Kelemahan )
-  Produk tidak tahan lama, karena tanpa bahan pengawet.
-  Belum banyak diketahui masyarakat.
c. OPPORTUNITIES ( Peluang )
-  Produk baru / inovasi masih jarang di pasaran.
-  Jenis makanan yang sangat digemari oleh   masyarakat.
d. Threat ( Tantangan )
-  Pemasaran produk yang kurang strategis.
2.3 Rencana Anggaran biaya produksi 
1. Jenis produk = Kue (risol, pastel, dadar gulung, molen)
2. Jumlah produksi = 1225 biji/hari = 31850 biji/bulan
B. Biaya tetap 
1. Sewa rumah = Rp.700.000 / bulan
2. Peralatan = Rp.2.100.000 + Jumlah = Rp.2.800.000
C. Biaya variabel 
1. Bahan baku = Rp.364.200/ hari = Rp.9.469.200/ bulan
2. Biaya overhead :
- Listrik                      = Rp.100.000/bulan
- Air minum               = Rp.60.000/bulan
- P3K                          = Rp.40.000/bulan
- lain-lain                    = Rp.100.000/bulan +
Jumlah                        = Rp.9.769.200
*1 bulan kerja dihitung 26 hari
D. Total Cost 
= Rp.9.769.200
E. Rencana pemasaran
 bulan pertama
Harga pokok = total cost / jumlah produksi = Rp.9.769.200/31850 = Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah -
Harga jual : = Rp.500 BEP unit untuk bulan pertama 500 x = 310x+2.800.000+0 (500-310) x = 2.800.000 x = 2.800.000/190 x = 14737
Maka, 14737/1225=12 hari 26 hari-12 hari= 14 hari
       Jadi, untuk mengembalikan semua biaya dengan keuntungan 0 rupiah kue harus terjual 14737 buah sedangkan untuk menjual kue sebanyak 14737 buah itu diperlukan waktu sebayak 12 hari. Masa produksi dalam sebulan adalah 26 hari, jadi keuntungan yang diperoleh dibulan pertama ini adalah hasil dari penjualan dalam 14 hari tersebut.
 Revenue 1= 14 hari x1225x 500= Rp.8.757.000 kemudian, dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka,8.757.000-6.300.000= 2.457.000, jadi keuntungan bersih bulan pertama adalah Rp.2.457.000. itu jika seandainya semua biaya yang dikeluarkan ingin kembali dalam produksi bulan pertama.
F. Rencana pemasaran
 bulan kedua
Harga pokok = total cost / jumlah produksi = Rp. Rp.9.769.200/31850 = Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah -
Harga jual = Rp.500 BEP unit untuk bulan selanjutnya : 500 x = 310x+700.000+0 (500-310) x = 700.000 x = 700.000/190 x = 3684.2 dibulatkan 3685
Maka, 3685/1225=3.5 hari 26 hari- 3.5hari = 22.5 hari
                Revenue 2= 22.5 hari x1225x 500= Rp.13.781.250 dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka, 13.781.250 -6.300.000= 7.481.250,
Jadi keuntungan bersih bulan kedua dan selanjutnya adalah Rp. 7.481.250.
2.4 SASARAN PEMASARAN
Untuk strategi pemasaran dadar gulung Ala ishma ini menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu :
A.PRODUCT(Produk)
     Produk yang ditawarkan berbeda dari yang lainnya, di samping itu makanan ini juga lezat, modern,kualitas nomor 1 dan higinis.
B.PRICE (harga)
Harga dari 1 kue ini relative terjangkau oleh semua kalangan, sesuai dengan jenis isi dan toping yang tersedia.
C.PLACE (Tempat)
Lokasi pertama untuk menjual kue ini ialah di toko depan rumah saya. Selain itu kue ini menggunakan system order.
D.PROMOTION (promosi)
Dengan promosi dari mulut ke mulut atau dari rekan ke rekan, saya yakin produk ini akan cepat mendapat tanggapan positive. Apalagi ditamabah menggunakan media social. Dengan pelayanan yang ramah dan sabar, saya akan mendapatkan pelanggan yang setia.
E.SEGMENTATION (SEGMENTASI)
Yang menjadi segmentasi produk kue saya ialah semua kalangan, mulai dari kalangan menengah samapai atas. Karena kue ini banyak di temukan di berbagai acara seperti arisan, cemilan, pengajian dll.
F.POSITONING
Saya yakinkan kepada seluruh penikmat kuliner tradisional dan modern bahwa produk yang saya buat adalah produk gabungan adari produk keduanya. Produk ini patut menjadi cemilan masyarakat. Cemilan yang sehat dan bermutu tinggi. Dapat melestarikan makanan tradisional sambil mengembangkannya.
Luas pasar bagi perusahaan tidak selalu berarti penjumlahan seluruh populasi penduduk. Populasi penduduk tidak selalu berarti populasi pasar. Populasi pasar (market population) atau sering disebut sebagai potensial pasar adalah keseluruhan permintaan terhadap produk tertentu pada wilayah dan periode waktu yang tertentu pula.
2.6    Jadwal pelaksanaan:
a.Mengaduk bahan-bahan adonan seperti: lalu dikocok hingga merata selama 30 Menit.
b.Mengukus adonan menggunakan teplon selama 15 Menit.
c.Membungkus adonan setelah  adonan matang.


























BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dalam mengembangkan berpikir creative dan inovatif, produk ini adalah salah satu hasilnya. Dalam era modern ini kompetisi antar pengusaha akan semakin ketat maka diperlukan inovasi-inovasi agar tidak kalah dengan zaman modern ini. makanan merupakan kebutuhan yang sangat kompleks, maka dari itu usaha ini patut dicoba dan dikembangkan oleh saya.
B. Saran
1. Sekolah memberi dukungan baik secara informasi ataupun secara langsung dalam membantu bibit unggul siswa yang ingin berwirausaha.
2. Sekolah dapat memperhatikan siswa-siswi tanpa adanya perbedaan.
3. Memberikan informasi apa yang dibutuhkan oleh siswa-siswi.
4. Sekolah memberikan pelatihan tentang wirausaha.

Komentar

Posting Komentar