proposal
usaha
makanan dadar gulung ALA ISHMA
Disajikan Untuk Memenuhi Syarat Ujian Praktek Tugas Kewirausahaan
Disusun Oleh :
Ø ISHMATUL
MILLAH(085215818430)
XII.1 TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Smk
Bahjatul Ulum Sukowono
Jl.Kalisat (Potok
barat) No.101 ,Telp (0331)567597
Kecamatan
Sukowono - Kabupaten Jember
Tahun
Ajaran 2017
– 2018
DAFTAR ISI
JUDUL...................................................................................................... 1
DAFTAR
ISI.............................................................................................. 2
KATA
PENGANTAR................................................................................... 3
BAB
1 : PENDAHULUAN............................................................................ 4
1.1
LATAR
BELAKANG...................................................................... 4
1.2 VISI DAN
MISI.............................................................................. 4
1.3 KEUNGGULAN DAN FUNGSI
PRODUKSI...................................... 5
1.4 SKETSA/GAMBAR....................................................................... 5
1.5 BAHAN........................................................................................ 6
1.6 FASILITAS/PERALATAN PRODUKSI............................................. 6
BAB
II :ANALISIS PASAR......................................................................... 8
2.1 PROSES PRODUKSI.................................................................... 8
2.2 ANALISIS SWOT.......................................................................... 9
2.3 RENCANA ANGGARA BIAYA....................................................... 9
2.4 SASARAN PEMASARAN/PENGGUNA.......................................... 10
2.5 JADWAL PELAKSANAAN............................................................. 11
BAB
III : PENUTUP................................................................................... 12
A. KESIMPULAN.............................................................................. 12
B. SARAN........................................................................................ 12
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur saya panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT hanya karena rahmat dan
kebaikannya saya dapat menyelesaikan Proposal Usaha ini, dan hanya karena ALLAH
SWT saya mendapatkan ide dan inspirasi untuk membuat makanan “DADAR GULUNG ALA
ISHMA” ini.
Proposal
ini saya buat atas dasar memenuhi tugas praktik mata pelajaran kewirausahaan
dan sebagai pembelajaran kewirasusahaan baik pribadi ataupun untuk orang lain.
serta sebagai referensi menu usaha yang akan saya buat.Saya terinspirasi untuk
membuat semacam makanan yang diminati oleh banyak orang dan tidak membosankan,
dengan sedikit perubahan suatu makanan akan terlihat lebih baru. Semoga “Dadar
Gulung ALA ISHMA” ini disukai seluruh kalangan.
Terima
kasih untuk Bapak Sanusi selaku guru kewirausaahn saya dan teman-teman saya.
Yang telah sedia mengajari dan berbagi ilmu mengenai berwirausaha.Dalam
penyusunan proposal ini, saya mengetahui bahwa masih ada kekurangannya, maka
dari itu saya sangat berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran kepada
saya.
Atas kebaikan dan kesediaannya
waktunya, saya ucapkan terima kasih.
BAB 1 : PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG USAHA
Kejenuhan
para penikmat kuliner atas makanan baik dimulai dari golongan menengah sampai
golongan atas mulai timbul. Era modern ini sangat dituntut inovasi-inovasi
dalam berbagai bidang termasuk makanan. Makanan adalah kebutuhan pokok yang
mendasar, maka dari itu saya rasa kalau makanan tradisional tidak dikembangkan
dengan baik. Maka makanan itu hanya sekedar makanan musiman yang tidak menutup
kemungkinan akan digeser dengan makanan – makanan luar negeri.
Oleh
Karena itu, saya mencoba untuk mengoptimalkan kesempatan yang saya miliki untuk
membuat sesuatu makanan tradisional yang disajikan dengan kreasi baru.
Disamping karena ada peluang, ini juga dapat mempopulerkan dan melestarikan
makanan tradisional Indonesia.
Melihat
prospek yang baik dari makanan ini, maka saya tergerak untuk membuat makanan
yang berbeda. Memadupadankan dengan kreasi baru
DADAR
GULUNG biasanya diisi dengan kelapa muda (unti) namun, DADAR GULUNG ALA ISHMA ini
berisi keju,pisang,dan coklat serta toping lainnya. melihat potensi yang amat
besar, maka saya berkeinginan membuat DADAR GULUNG ALA ISHMA.Modal Usaha.Modal usaha yang
dikeluarkan untuk “Dadar Gulung ALA ISHMA” sebesar Rp. 100.00
1.2 VISI DAN MISI USAHA (TUJUAN)
Visi / Tujuan dari usaha ini
adalah untuk mempraktikkan ilmu kewirausaahan, mengasah kreativitas dan sebagai
referensi menu usaha saya. Di samping itu, mempopulerkan makanan tradisional
dengan memberikan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dan memberikan
varian makanan bagi seluruh kalangan.
Misi usaha ini dengan membuat
proposal makanan, mempresentasikan dengan guru kewirausahaan agar dapat
memperoleh nilai, saran, dan kritik. Membuat tester sebagai bahan percobaan di
kalangan pelajar.
1.3 KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODUKSI
1.kelapa hijau bagus untuk
menurunkan berat badan.
2. air kelapa hijau dapat menetralisirkan racun yang ada pada tubuh.
3. menghilangkan dehidrasi.
4. sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin.
5. menahan energi di dalam tubuh.
2. air kelapa hijau dapat menetralisirkan racun yang ada pada tubuh.
3. menghilangkan dehidrasi.
4. sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin.
5. menahan energi di dalam tubuh.
1.4 SKETSA GAMBAR
1.5 BAHAN
Langkah-Langkah Pembuatan dadar Gulung Diantaranya:
Bahan kulit:
– 250 gram tepung terigu
berprotein sedang atau Anda bisa memakai cap segitiga biru.
– Satu sendok makan tepung
kanji.
– 300 ml santan kental
atau yang setara dengan setengah butir kelapa.
– Setengah sendok teh
pasta pandan.
– Tiga butir telur ayam
yang telah dikocok lepas.
– 60 ml air perasan dari
daun suji.
– Dan setengah sendok teh
garam halus.
Bahan isi:
– 300 gram kelapa setengah
tua yang telah dikupas dan diparut memanjang.
– 100 gram gula merah yang
telah diiiris halus.
– Tiga sendok makan gula
pasir.
– 50 ml air.
– Satu lembar daun pandan
yang telah dipotong.
– Setengah sendok teh
garam yang telah dihaluskan.
Resep dadar gulung
original:
1. Campur kelapa parut dengan
garam, gula pasir dan daun pandan dalam satu wadah dan masak semua campuran ini
hingga teksturnya agak kering.
2. Campurkan tepung terigu
dengan telur, tepung kanji, pasta pandan serta garam dan aduk hingga semua
bahan tercampur merata.
3. Tuangkan santan dan air
perasan dari daun suji pada adonan, sedikit demi sedikit.
4. Panaskan wajah dan olesi
dengan minyak goreng, setelah itu tuang adonan di atas wajan yang panas,
buatlah dadar gulung hingga adonan matang dan menipis.
5. Gulung salah satu lembar
adonan kulitnya pada adonan isian dan gulung dengan baik sehingga kulit dadar
gulung tidak robek, lipat bagian ujungnya sampa rapi dan dadar gulung isi
kelapa pun siap untuk disajikan dan dinikmati bersama anggota keluarga.
1.6 Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang
diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
2 buah
|
Rp. 800.000,-
|
Gilingan
|
1 buah
|
Rp. 400.000,-
|
Katel
|
1 buah
|
Rp. 40.000,-
|
Penyaring
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Susuk
|
1 buah
|
Rp. 10.000,-
|
Box Plastik
|
20 buah
|
Rp. 300.000,-
|
Tabung Gas
|
2 buah
|
Rp. 200.000,-
|
Pengocok
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Plastik
|
-
|
Rp. 50.000,-
|
Baskom
|
4 buah
|
Rp. 80.000,-
|
Teplon
|
1 buah
|
Rp. 70.000,-
|
Nampan
|
1 buah
|
Rp. 20.000,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp. 100.000,-
|
TOTAL JUMLAH
|
Rp. 2.100.000,-
|
Bahan Baku:
DADAR GULUNG
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
3 Kg
|
Rp. 15.000,-
|
Gula
|
¼ Kg
|
Rp. 2.500,-
|
Pewarna +
Pengharum
|
-
|
Rp. 3.000,-
|
Kelapa + Gula
Aren
|
-
|
Rp. 15.000,-
|
Minyak
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 59.750,-
|
BAB II
ANALISIS PASAR
2.1 Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
a) Menyiapkan
bahan yang akan digunakan.
b) Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan.
c)
Memulai proses pengerjaan.
d) Membersihkan hasil
pekerjaan agar lebih baik (finishing).
2.2 ANALISIS S.W.O.T
Untuk meyakinkan
bahwa makanan yang akan saya jual dapat disukai masyarakat umum, maka saya
melakukan analisa terhadap produk yang akan saya jual dengan cara menerapkan
analisa S.W.O.T sebagai berikut :
a. STRENGHT
( Kekuatan )
- Harga jual yang cocok untuk semua
kalangan
- Rasa yang lezat
- Produk tidak pasaran
- Rasa dan tampilan produk mengikuti
zaman
b WEAKNESS (
Kelemahan )
- Produk tidak tahan lama, karena tanpa bahan
pengawet.
- Belum banyak diketahui masyarakat.
c. OPPORTUNITIES (
Peluang )
- Produk baru / inovasi masih jarang di
pasaran.
- Jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat.
d. Threat (
Tantangan )
- Pemasaran produk yang kurang strategis.
2.3 Rencana Anggaran biaya
produksi
1. Jenis produk = Kue (risol, pastel, dadar gulung, molen)
2. Jumlah produksi = 1225 biji/hari = 31850 biji/bulan
B. Biaya tetap
1. Sewa rumah = Rp.700.000 / bulan
2. Peralatan = Rp.2.100.000 + Jumlah = Rp.2.800.000
C. Biaya variabel
1. Bahan baku = Rp.364.200/ hari = Rp.9.469.200/ bulan
2. Biaya overhead :
- Listrik = Rp.100.000/bulan
- Air minum = Rp.60.000/bulan
- P3K = Rp.40.000/bulan
- lain-lain = Rp.100.000/bulan +
Jumlah = Rp.9.769.200
*1 bulan kerja dihitung 26 hari
D. Total Cost
= Rp.9.769.200
E. Rencana pemasaran
bulan pertama
Harga pokok = total cost / jumlah produksi = Rp.9.769.200/31850 = Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah -
Harga jual : = Rp.500 BEP unit untuk bulan pertama 500 x = 310x+2.800.000+0 (500-310) x = 2.800.000 x = 2.800.000/190 x = 14737
Maka, 14737/1225=12 hari 26 hari-12 hari= 14 hari
Jadi, untuk mengembalikan semua biaya dengan keuntungan 0 rupiah kue harus terjual 14737 buah sedangkan untuk menjual kue sebanyak 14737 buah itu diperlukan waktu sebayak 12 hari. Masa produksi dalam sebulan adalah 26 hari, jadi keuntungan yang diperoleh dibulan pertama ini adalah hasil dari penjualan dalam 14 hari tersebut.
Revenue 1= 14 hari x1225x 500= Rp.8.757.000 kemudian, dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka,8.757.000-6.300.000= 2.457.000, jadi keuntungan bersih bulan pertama adalah Rp.2.457.000. itu jika seandainya semua biaya yang dikeluarkan ingin kembali dalam produksi bulan pertama.
F. Rencana pemasaran
bulan kedua
Harga pokok = total cost / jumlah produksi = Rp. Rp.9.769.200/31850 = Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah -
Harga jual = Rp.500 BEP unit untuk bulan selanjutnya : 500 x = 310x+700.000+0 (500-310) x = 700.000 x = 700.000/190 x = 3684.2 dibulatkan 3685
Maka, 3685/1225=3.5 hari 26 hari- 3.5hari = 22.5 hari
Revenue 2= 22.5 hari x1225x 500= Rp.13.781.250 dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka, 13.781.250 -6.300.000= 7.481.250,
Jadi keuntungan bersih bulan kedua dan selanjutnya adalah Rp. 7.481.250.
1. Jenis produk = Kue (risol, pastel, dadar gulung, molen)
2. Jumlah produksi = 1225 biji/hari = 31850 biji/bulan
B. Biaya tetap
1. Sewa rumah = Rp.700.000 / bulan
2. Peralatan = Rp.2.100.000 + Jumlah = Rp.2.800.000
C. Biaya variabel
1. Bahan baku = Rp.364.200/ hari = Rp.9.469.200/ bulan
2. Biaya overhead :
- Listrik = Rp.100.000/bulan
- Air minum = Rp.60.000/bulan
- P3K = Rp.40.000/bulan
- lain-lain = Rp.100.000/bulan +
Jumlah = Rp.9.769.200
*1 bulan kerja dihitung 26 hari
D. Total Cost
= Rp.9.769.200
E. Rencana pemasaran
bulan pertama
Harga pokok = total cost / jumlah produksi = Rp.9.769.200/31850 = Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah -
Harga jual : = Rp.500 BEP unit untuk bulan pertama 500 x = 310x+2.800.000+0 (500-310) x = 2.800.000 x = 2.800.000/190 x = 14737
Maka, 14737/1225=12 hari 26 hari-12 hari= 14 hari
Jadi, untuk mengembalikan semua biaya dengan keuntungan 0 rupiah kue harus terjual 14737 buah sedangkan untuk menjual kue sebanyak 14737 buah itu diperlukan waktu sebayak 12 hari. Masa produksi dalam sebulan adalah 26 hari, jadi keuntungan yang diperoleh dibulan pertama ini adalah hasil dari penjualan dalam 14 hari tersebut.
Revenue 1= 14 hari x1225x 500= Rp.8.757.000 kemudian, dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka,8.757.000-6.300.000= 2.457.000, jadi keuntungan bersih bulan pertama adalah Rp.2.457.000. itu jika seandainya semua biaya yang dikeluarkan ingin kembali dalam produksi bulan pertama.
F. Rencana pemasaran
bulan kedua
Harga pokok = total cost / jumlah produksi = Rp. Rp.9.769.200/31850 = Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah -
Harga jual = Rp.500 BEP unit untuk bulan selanjutnya : 500 x = 310x+700.000+0 (500-310) x = 700.000 x = 700.000/190 x = 3684.2 dibulatkan 3685
Maka, 3685/1225=3.5 hari 26 hari- 3.5hari = 22.5 hari
Revenue 2= 22.5 hari x1225x 500= Rp.13.781.250 dikurangi gaiji pegawai tetap sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka, 13.781.250 -6.300.000= 7.481.250,
Jadi keuntungan bersih bulan kedua dan selanjutnya adalah Rp. 7.481.250.
2.4 SASARAN
PEMASARAN
Untuk
strategi pemasaran dadar gulung Ala ishma
ini menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu :
A.PRODUCT(Produk)
Produk yang ditawarkan berbeda dari yang lainnya, di samping itu makanan ini juga lezat, modern,kualitas nomor 1 dan higinis.
Produk yang ditawarkan berbeda dari yang lainnya, di samping itu makanan ini juga lezat, modern,kualitas nomor 1 dan higinis.
B.PRICE (harga)
Harga
dari 1 kue ini relative terjangkau oleh semua kalangan, sesuai dengan jenis isi
dan toping yang tersedia.
C.PLACE (Tempat)
Lokasi
pertama untuk menjual kue ini ialah di toko depan rumah saya. Selain itu kue
ini menggunakan system order.
D.PROMOTION
(promosi)
Dengan
promosi dari mulut ke mulut atau dari rekan ke rekan, saya yakin produk ini
akan cepat mendapat tanggapan positive. Apalagi ditamabah menggunakan media
social. Dengan pelayanan yang ramah dan sabar, saya akan mendapatkan pelanggan
yang setia.
E.SEGMENTATION
(SEGMENTASI)
Yang
menjadi segmentasi produk kue saya ialah semua kalangan, mulai dari kalangan
menengah samapai atas. Karena kue ini banyak di temukan di berbagai acara
seperti arisan, cemilan, pengajian dll.
F.POSITONING
Saya yakinkan kepada
seluruh penikmat kuliner tradisional dan modern bahwa produk yang saya buat
adalah produk gabungan adari produk keduanya. Produk ini patut menjadi cemilan
masyarakat. Cemilan yang sehat dan bermutu tinggi. Dapat melestarikan makanan
tradisional sambil mengembangkannya.
Luas
pasar bagi perusahaan tidak selalu
berarti penjumlahan seluruh populasi penduduk. Populasi penduduk tidak selalu
berarti populasi pasar. Populasi pasar (market
population) atau sering disebut sebagai potensial pasar adalah
keseluruhan permintaan terhadap produk tertentu pada wilayah dan periode waktu
yang tertentu pula.
2.6 Jadwal pelaksanaan:
a.Mengaduk bahan-bahan adonan seperti: lalu dikocok hingga merata selama
30 Menit.
b.Mengukus adonan menggunakan teplon selama 15 Menit.
c.Membungkus adonan setelah adonan
matang.
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam
mengembangkan berpikir creative dan inovatif, produk ini adalah salah satu
hasilnya. Dalam era modern ini kompetisi antar pengusaha akan semakin ketat
maka diperlukan inovasi-inovasi agar tidak kalah dengan zaman modern ini.
makanan merupakan kebutuhan yang sangat kompleks, maka dari itu usaha ini patut
dicoba dan dikembangkan oleh saya.
B. Saran
1. Sekolah
memberi dukungan baik secara informasi ataupun secara langsung dalam membantu
bibit unggul siswa yang ingin berwirausaha.
2. Sekolah dapat
memperhatikan siswa-siswi tanpa adanya perbedaan.
3. Memberikan
informasi apa yang dibutuhkan oleh siswa-siswi.
4. Sekolah
memberikan pelatihan tentang wirausaha.
Izin copas sedikit kak😁
BalasHapusMakasih ya blognya sangat membantu
BalasHapusizin copas kak
BalasHapus